#1 Mesjid Agung Umaya Damascus

Suatu pagi di hari minggu, aku tidak sengaja melihat acara di salah satu stasiun televisi swasta. Acara tersebut menjelaskan tentang fitur-fitur serta keistimewaan sebuah mesjid di timur tengah letaknya di Damascus negara Syiriah. Ketika aku melihat dan mendengar penjelasan dari si pembawa acara, Wah subhanallah ternyata Mesjid Agung Umaya di Damascus Syiriah benar-benar menakjubkan. Setelah itu aku pun melakukan pencarian informasi mengenai Mesjid Agung tersebut dan berikut ini informasi-informasi yang aku dapat dari berbagai sumber:

Di Timur Tengah ada salah satu tempat menarik yang perlu dikunjungi, tempat itu tidak lain adalah Mesjid Agung Damaskus atau lebih dikenal dengan sebutan Mesjid Agung Umayah. Mesjid ini disebut sebagai salah satu mesjid tertua dan suci di dunia, terletak di Ibukota Syiriah Damaskus.Damaskus diyakini sebagai salah satu kota tertua di dunia yang didiami umat manusia dengan berbagai peradaban yang silih berganti. Dan di antara peradaban yang pernah tumbuh dan berkembang di kota ini adalah islam.

Mesjid Umayyah berdiri di tanah yang dianggap suci selama setidaknya 3000 tahun. Sekitar 1000 tahun sebelum Masehi, kaum Aram membangun kuil dilokasi di mana mesjid berdiri sebagai tempat pemujaan terhadap Hadad, dewa badai petir. Sebuah basal orthostat (batu) yang berasala dari periode ini, bergambar sphinz, ditemukan di sudut timur laut mesjid.

Semasa dinasti Umayyah (661-750 M), Damaskus menjadi ibu kota dunia islam. Para Khlifah Umayyah yang memerintah dari Damaskus menguasai seluruh kawasan, mulai dari Spanyol dhingga ke India. Sejarah mencatat, peradaban islam telah meninggalkan banyak bangunan indah di DAmaskus, ibukota Negara Suriah.

Mesjid Ummayyah dibangun pada masa khalifah Al-Wahid bin Abdul Malik (88-97H) dari Dinasti Ummayyah. Arsitekturnya telah member pengaruh bagi seni bangun mesjid di seluruh dunia. Dari mesjid inilah aristektur islam mulai mengenal liengkungan menara segi empat dan maksurah..

Mesjid Umayyah direnovasi beberapa kali akibat kebakaran di tahun 1069, 1401 dan 1893. Pada tahun 2001 Paus Yohanes II mengunjungi mesjid ini, terutama untuk mengunjungi relic Yohanes Sang Pembaptis ini adalah pertama kalinya seorang paus berkunjung ke mesjid

Mesjid Ummayah merupakan salah satu bangunan yang paling impresif di dunia islam, halaman lapang dan ruang salat yang besar. Beberapa mosaic asli abad ke 8 masih dipertahankan. Menara-menara yang dibangun pada masa Al-Walid masih bertahan hingga kini.

Mesjid Agung Ummayyah kadang juga disebut Mesjid Umawi, sangat layak dikunjungi dan menjadi tujuan ziarah jika ada kesempatan dan kemudahan ke sana. Ia adalah salah satu lambing kejayaan islam yang masih tersisa pada masa Al-Walid dan juga masih bertahan hingga kini.

Ada beberapa struktur yang memiliki sejarah dan arti penting dalam Mesjid Agung Ummayah ini, yaitu:

gerbang dimana tahanan karbala disuruh berdiri 72 jam sebelum dibawa masuk

ada 4 mihrab di Mesjid Agung Umaya menandakan 4 imam yang dianut

Mimbar putih dimana Husain bin Ali diadili

Lokasi dimana kepala Husain bin Ali disimpan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s