IPB Resmikan Kantin Berstandar Internasional, Harga Lokal

ektor Institut PertanianBogor (IPB), Prof. Dr.Herry Suhardiyanto, M.Sc meresmikan Kantin Zea Maysyang berstandar internasional dengan harga lokal, Selasa (8/6) di Gedung LaboratoriumDiversifikasi Pangan, Kampus IPB Darmaga. “Kantin bertaraf internasional dalamarti culture-nya seperti selfservice, ngantri, membiasakan pola  pangan sehatyang beranekaragam, membereskan dan membersihkan bekas piring sendiri. Selainitu, peralatan memasak dan penyajiannya sesuai standar internasional.Diharapkan  ini menjadi inspirasi bagi masyarakat,”ujar Rektor dalamsambutan Acara Peresmian Kantin Zea Mays yang mempunyai tag line ‘ragam pangansehat’ ini.

Keberadaan kantin Zea Mays juga diharapkan mampu  menghela semangat kewirausahaanmahasiswa. “ Kantin ini dapat memasarkan produk kewirausahaan mahasiswa danhasil-hasil penelitian pangan IPB. Selama ini produk-produk hasil penelitianpangan sudah banyak bahkan masuk dalam Riset Unggulan Strategis Nasional (RUSNAS),namun belum benar-benar hadir di tengah masyarakat dan menjadi makanan kitasehari-hari,” jelas Rektor. Peresmian kantin yang dirancang dengan konsepmodern dan higienis ini sebagai implementasi progam diversifikasi pangan hasilproduk penelitian IPB.

Direktur Bisnis dan Kemitraan IPB, Dr. Ir.Meika Syahbana Rusli, MSc.Agr menambahkan  Indonesia menghasilkan beranekaragamproduk pangan dan budaya  pangan. “Dengandemikian kita mengusahakan menyajikan menu dari pangan lokal seperti tiwul,beras atau mie jagung, sehingga kita tidak tergantung bahan pangan impor. Selain itu, pembukaan kantin ini juga berfungsi sebagai edukasi pada masyarakatuntuk berperilaku mandiri  dan bertanggungjawab dalam menjaga kebersihan,”tandas Dr. Meika.

Keistimewaan lain kantin Zea Mays yakni memenuhi standar menu tiga B(bergizi, berimbang dan bervariasi) tetapi enak dan lezat sesuai selera. Kantin ini mengusung konsep baru dengan tata cara memasuki kantin yang berbedayaitu dengan membeli kupon sesuai pilihan menu pada kupon, mengambil sendirinampan dan peralatan makan lain. Pembeli juga wajib membawa peralatan makankotor sendiri dan tidak meninggalkan meja dalam keadaan kotor, membuang sampahpada tempatnya serta meletakkan peralatan kotor pada rak khusus yang tersedia.Hal ini dapat menciptakan kantin yang senantiasa bersih dan rapi sepertikantin-kantin universitas di negara maju. (ris)

5 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s